rpp matematika sd kelas 4 semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi Waktu : 2x35 menit
A. Standar
Kompetensi
6. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi
Dasar
6.2 Menyederhanakan
berbagai bentuk pecahan
C.
Indikator
1.
Kognitif
Produk :
·
Menentukan pecahan
senilai
·
Menyederhanakan suatu pecahan biasa
Proses :
·
Melaksanakan kerja kelompok untuk menentukan
nilai suatu bentuk pecahan
2.
Afektif
·
Menunjukkan sikap positif dalam
berdiskusi.
3. Psikomotor
·
Membuat
media pecahan senilai .
D.Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
:
·
Siswa dapat menentukan
pecahan senilai
·
Siswa dapat menyederhanakan suatu
pecahan biasa
Proses
:
· Siswa
dapat melakukan diskusi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan
biasa.
2.
Afektif
·
Dengan ikut serta dalam kerja kelompok,
siswa dapat menunjukkan sikap positif dalam berdiskusi.
3.
Psikomotor
·
Siswa dapat membuat media pecahan
senilai secara berkelompok .
E. Materi Pembelajaran
·
Menyederhanakan Pecahan
F. Model dan Metode pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Cooperative Learning Tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Kerja kelompok / diskusi
·
Tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1. Kegiatan Awal
a.
Salam
b.
Doa
c.
Mengecek
kehadiran siswa
d.
Pengaturan
ruang yang kondusif
e.
Apersepsi
f.
Guru
bertanya pada siswa “ anak-anak kalau kita punya satu apel,kita berdua sama
teman kita,terus apel itu kita bagi dua,setiap orang mendapat apel nya berapa?
Coba kalian sebutkan pecahan yang senilai ?
g.
Motivasi
·
Guru
menuliskan judul pembelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
·
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok heterogen beranggota 5 orang (dengan
asumsi jumlah siswa dalam kelas sebanyak 30 orang).
·
Dengan
menggunakan media pecahan, guru
menyuruh siswa dalam kelompok bersama-sama mengamati media ,kemudian menyebutkan
pecahan-pecahan yang senilai.
·
Siswa
mengemukakan pendapat dan menuliskan pecahan-pecahan senilai di buku mereka
masing-masing.
·
Guru
menyampaikan materi tentang pecahan-pecahan senilai
·
Guru
memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan anggota-anggota
kelompok.Anggota kelompok yang sudah mengerti dapat menjelaskan kepada
anggota kelompok lainnya ,sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
·
Guru
memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa.Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu.
3. Kegiatan Akhir
a.
Merangkum
Siswa menyimpulkan materi melalui bimbingan
guru lalu guru menuliskan kesimpulan pada papan tulis.
b.
Pemberian
Tugas
o
Guru
memberikan tugas kelompok (PR) untuk membuat media pecahan senilai.
·
Siswa
di bimbing guru menyimpulkan pelajaran
·
Guru
mengevaluasi materi yang telah di pelajari.
c.
Berdoa
Siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
d.
Mengucapkan
salam
|
10 menit
40 menit
20 menit
|
H. Penilaian
·
Penilaian kognitif
a. Penilaian
produk (terlampir)
b. Penilaian
proses (terlampir)
·
Penilaian afektif
(terlampir)
·
Penilaian psikomotor (terlampir)
I. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Sumber
:
·
Standar Isi Mata Pelajaran Matematika
Sekolah Dasar
·
Buku Sekolah Elektronik : Sumanto. 2008.
Gemar Matematika SD kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan
Nasional
·
Tim Bina Karya Guru. 2006. Terampil Berhitung Matematika untuk SD kelas
V. Jakarta : Erlangga
Media
:
·
Gambar
Pecahan senilai
Mengetahui
Palembang,
April 2011
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
LEMBAR
KERJA SISWA
NAMA KELOMPOK :
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk :
Tentukan nilai dari ambar pecahan
dibawah ini !
LAMPIRAN 1
PENILAIAN
a. Penilaian
Kognitif
1.
Senilai dengan pecahan. . .
2.
Senilai dengan pecahan. . .
3.
Senilai dengan pecahan. . .
4.
Senilai dengan pecahan. . .
5.
Senilai dengan pecahan. . .
Kunci jawaban :
1.
2.
3.
4.
5.
A. Penilaian
Proses
Lembar observasi diskusi kelompok
Nama peserta didik : …………………
Kelas : ………..
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak Baik
|
1
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
||
2
|
Kemampuan bertanya
|
||
3
|
Kemampuan
mempertahankan pendapat
|
||
4
|
Penguasaan
substansi materi
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
Keterangan :
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat skor 0
Nilai
akhir = skor perolehan
Jumlah skor
A. Penilaian
Afektif :
Skala
Sikap
No.
|
Pernyataan
|
Sikap
yang Diambil
|
|||||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
STS
|
Alasan
|
||
1
|
Berkerjasama dengan kelompok
|
||||||
2
|
Salin membantu sesama teman
|
||||||
3
|
Ribut saat diskusi berlangsung
|
||||||
4.
|
Tidak memperhatikan guru
|
||||||
5
|
Menghargai perbedaan pendapat
|
Keterangan
:
SS : Sangat Setuju S : Setuju
R : Ragu-ragu TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
B. Penilaian
Psikomotor
Lembar Observasi
No.
|
Kegiatan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Membuat media pecahan senilai sacara
berkelompok.
|
||
2.
|
Terampil menggunakan media dalam menentukan
pecahan senilai.
|
Catatan :
·
Nilai
jawaban benar : 50
·
Nilai
jawaban salah : 0
·
Nilai
akhir : Jumlah Nilai
KOMENTAR SAYA TENTANG IPKG 2 :
1.
Terima
kasih kepada teman-teman yang telah memberi komentar kepada saya
2.
Saya
suka dengan semua komentar teman-teman
3.
Saya
terima semua komentar teman-teman
4.
Memang
benar semua komentar teman-teman mungkin memang itu kemampuan saya
5.
Semua
komentar dari teman-teman semua mudah-mudahan menjadi tolak-ukur saya kearah
yang lebih baik lagi
6.
Tetapi
pada aspek pendekatan strategi pembelajaran (melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif) saya rasa saya telah melakukan aspek
itu,tetapi saya terima komentar itu,mungkin memang benar komentar itu,